Marketing Sukses Usaha Penitipan Anak

07.25


Kesibukan para orang tua dalam bekerja dan beraktifitas tidak memungkinkan mereka untuk mengajak anaknya ikut serta. Hal ini yang membuat para orang tua  memerlukan tempat penitipan anak yang aman. Alasan tersebut mendorong banyaknya usaha penitipan anak dan menimbulkan banyak persaingan. Pengusaha memerlukan strategi marketing sukses usaha penitipan anak untuk memenangkan persaingan ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1.       Beri penawaran yang berbeda dari tempat penitipan anak yang lain. Misal, harga yang kompetitif, tempat yang aman dan nyaman serta mudah dijangkau para orang tua, tenaga yang ahli dalam mengurus anak kecil dan lain sebagainya.

2.       Berikan kontak yang mudah dihubungi para orang tua, misal nomor telepon, pin BBM, web atau sosial media lain yang mendukung kemudahan komunikasi jarak jauh. Dengan demikian, orang tua juga dapat memantau keadaan anaknya.

3.       Keamanan, para penjaga anak yang bekerja ditempat penitipan anak bisa saja lalai dalam mengawasi. Terutama saat jumlah anak yang dititipkan sangat banyak. Sediakan satu satpam untuk meyakinkan konsumen bahwa tempat tersebut aman.

4.       Gunakan brosur. Sebelum menyebar brosur, tentukan dulu target pasarnya agar informasi dalam brosur sampai pada orang yang benar-benar membutuhkan tempat penitipan anak. Misal, di kantor-kantor dengan kesibukan yang tinggi, karyawan yang juga orang tua akan sangat tertolong dengan info yang anda berikan.

5.       Sertakan testimoni pelanggan. Strategi marketing sukses usaha penitipan anak ini akan dibilang berhasil jika sudah memiliki beberapa pelanggan tetap. Mintalah bantuan dari pelanggan untuk memberikan testimoni positifnya, sehingga dapat meyakinkan calon pelanggan lain tentang keuntungan memilih tempat penitipan anak yang anda jalankan.

6.       Berikan harga bersaing, harga juga mempengaruhi ketertarikan konsumen dalam menggunakan jasa anda. Berikan harga yang kompetitif dan memiliki pembagian waktu. Misal, pada jam-jam sibuk anda memberikan diskon 10% setelah 5 jam penitipan. Jam pertama hingga 5 jam kemudian, anda memberi tarif normal. Intinya, semakin lama anak dititipkan maka semakin murah hitungannya. Sehingga orang tua yang ingin menitipkan anaknya dalam waktu yang cukup panjang tidak akan kawatir dengan pembengkakan tarif.

7.       Transportasi, menyediakan alat transportasi untuk antar jemput anak akan sangat membantu menghemat waktu bagi orang tua yang selalu sibuk dan terburu-buru. Terutama bagi orang tua yang jarak rumahnya cukup jauh dari tempat penitipan anak. Anda dapat memberikan tarif tambahan untuk ongkos bensin dan honor supir atau menaikan tarif perjam penitipan.

Meraih sukses usaha penitipan anak ini memang susah-susah gampang. Terutama bagi orang tua yang lebih memilih menitipkan anaknya pada nenek atau kerabat yang lain. Cara ini memang akan lebih hemat dalam segi finansial. Tapi, kerabat dan keluarga lain belum tentu juga punya waktu untuk mengurus anak. Atau jarak rumah kerabat dan keluarga yang jauh justru akan memakan banyak waktu. Sedangkan tempat penitipan akan fokus dalam menjaga dan merawat sementara anak-anak yang dititipkan.

Selain cara-cara diatas, masih banyak cara lain untuk mempromosikan usaha penitipan anak. Diantaranya memasang kolom iklan pada surat kabar, memasang pamflet atau spanduk di pinggir jalan dan memberikan petunjuk arah untuk sampai ke tempat penitipan anak tersebut. Cara yang lebih tradisional seperti kabar dari mulut ke mulut juga masih ampuh untuk meraih sukses usaha penitipan anak. Pengusaha bidang ini juga dapat bekerja sama dengan tempat wisata anak seperti kebun binatang atau taman bermain untuk mempromosikan tempat penitipan anak yang anda jalankan. Selamat mencoba strategi marketing ini dan meraih kesuksesan yang diimpikan.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar


Arsip Blog