Bisnis itu
tidak hanya dicari dan dinanti namun perlu untuk diciptakan, karena kadang kala
sesuatu yang sederhana dan unik bisa mendatangkan penghasilan yang tidak
sedikit. Bahkan bisa dimulai dengan sesuatu yang bersifat sederhana dan modal
yang sedikit, seperti bisnis susu kedelai. Susu kedelai bisa
dikonsumsi bagi mereka yang alergi dengan susu sapi atau bisa juga dikonsumsi
bagi vegetarian. Pembuatan susu kedelai sangat mudah, dan biaya produksinya
tergolong murah.
Susu kedelai
merupakan minuman sederhana yang berbahan dari kedelai. Namun mempunyai kandungan zat besi, vitamin
B, karbohidrat, protein dan sebagainya. Begitu banyak kandungan yang bermanfaat
bagi tubuh, dan harganya aman di kocek. Sehingga menjadi pilihan yang tepat
bila ingin memulai bisnis susu kedelai. Ada beberapa trik apabila
ingin mencoba memulai bisnis susu kedelai diantaranya yaitu :
- Menentukan tempat belanja bahan baku berkualitas, apabila ingin membuat susu yang berkualitas maka perlu bahan baku berkualitas. Perlu kiranya mencari tempat kulakan yang merupakan penjual bahan baku berkualitas, dan diutamakan untuk bisa cari tempat yang bisa membeli dengan harga yang terjangkau. Kemudian bina hubungan yang bagus dengan penjual. Karena dengan membina hubungan yang baik selain bisa bermitra, bisa sharing atau mendapat keterangan tentang produk yang dijual.
- Merincikan anggaran atau modal awal, hal
ini sangat perlu dilakukan karena dengan adanya rincian anggaran jadi bisa
menentukan jumlah modal yang perlu dikeluarkan. Bagi pemula, sebaiknya mencari referensi
anggaran sehingga ada acuan yang bisa dijadikan patokan. Mencari referensi
setidaknya tidak hanya satu.
- Menguasai skill untuk bisa memproduksi
susu kedelai yang lezat. Berguru pada orang yang berpengalaman mengurangi trial error percobaan. Sehingga
tidak terlalu banyak membuang waktu dan tenaga. Setidaknya bila berguru
atau melakukan les privat per resep, walau biaya belajar yang dikeluarkan
sedikit mahal namun bisa tergantikan dengan tambahan skill yang bisa lebih
menjanjikan.
- Menetapkan harga dan segmentasi yang
tepat. Setelah bisa membuat produk, sebaiknya ditentukan harganya. Dan
mulai menentukan siapa saja yang akan menjadi pembeli potensial,
menentukan titik mana saja tempat yang tepat untuk memasarkan produk.
- Melakukan inovasi produk, untuk bisa
menempatkan ciri khas produk di mata konsumen. Orang akan tertarik bila
produk punya cita rasa yang khas dan warna yang berbeda. Ciri khas bisa
dibuat dari rasa dan packing
barang. Tergantung area pemasaran dan harga yang diberikan.
- Melakukan promosi, marketing sangat
diperlukan dalam bisnis. Cara marketing yang unik dan menarik bisa
menambah keinginan pelanggan untuk membeli produk. Dengan sarana promosi
juga termasuk sarana mengenalkan produk pada khalayak. Mempunyai produk
bagus namun tanpa promosi, produknya belum tentu akan dikenal oleh banyak
orang. Dengan promosi selain orang lain akan tahu, bisa juga memperluas
area pemasaran atau menjadikan jaringan menjadi lebih luas.
Ketika
melakukan bisnis, terutama makanan atau minuman yang tidak mempunyai tingkat
keawetan yang tinggi. Maka perlu untuk mengatisipasi bila minuman tidak habis.
Kelebihan bisnis minuman atau seperti bisnis susu kedelai yang bisa langsung
dikonsumsi perputaran keuangannya akan cepat, dibanding dengan bisnis barang
sekunder atau tersier. Sedikit demi sedikit namun bisa diputar pada setiap
harinya. Namun kelemahannya apabila barang tidak habis tidak bisa disimpan
lebih lama. Karena kandungan di dalamnya lebih cepat rusak, dan bisa berakibat
tidak baik bagi kesehatan.
0 Komentar