Bagi setiap pelaku bisnis dalam semua bidang
memiliki banyak pelanggan yang setia adalah suatu yang sangat diidam – idamkan.
Bayangkan, untuk memperkenalkan produk yang anda punya saja anda harus
melakukan banyak hal apalagi untuk sampai bisa memiliki banyak pelanggan yang
loyal kepada anda? Sebenarnya siapa yang dimaksud dengan seorang pelanggan ?
pelanggan adalah seorang pembeli atau pengguna jasa yang melakukan pembelian
atau menggunakan jasa secara terus menerus dan berulang - ulang karena merasa puas dengan produk atau
jasa yang di pakai. Well, sebenarnya ada beberapa alasan yang mengharuskan
setiap pelaku bisnis untuk memiliki pelanggan setia. Bahkan hal semacam ini
diteliti dan dibahas secara mendalam oleh pakar bisnis. Perlu ada cara – cara
khusus untuk bisa mendapatkan pelanggan setia, satu – satunya yaitu dengan cara
membangun kesetiaan pelanggan.
Seberapa pentingkah sebuah perusahaan harus
memiliki pelanggan setia ? Berikut merupakan pentingnya seorang pelanggan terhadap
keberlangsungan perusahaan :
·
Memiliki pelanggan berarti memiliki peluang atau prospek untuk mendapatkan keuntungan lebih kepada
perusahaan.
·
Jika sebuah perusahaan telah memiliki pelanggan, maka perusahaan dapat
menghemat biaya untuk mencari pelanggan baru.
·
Jika perusahaan anda merupakan perusahaan yang bergerak dalam berbagai
bidang maka besar kemungkinan pelanggan yang telah puas dengan salah satu
produk atau jasa anda dalam satu bidang akan puas juga dalam bidang lain yang anda tawarkan.
·
Pelanggan dapat menghemat biaya perusahaan untuk promosi, karena secara
tidak langsung pelanggan yang telah setia kepada produk atau jasa yang anda
tawarkan akan mempromosikan atau merekomendasikan perusahaan anda kepada orang
– orang terdekat mereka.
Nah, tentunya setelah membaca pentingnya
pelanggan diatas kini anda tahu seberapa penting peran pelanggan dalam
memajukan bisnis anda. Selanjutnya kami akan memberikan info atau tips mengenai
bagaimana cara membangun kesetiaan
pelanggan. Untuk dapat membangun kesetiaan
pelanggan anda perlu melakukan hal – hal berikut ini:
1. Sediakan layanan pelanggan yang baik
Layanan pelanggan atau biasanya disebut dengan
customer service harus anda sediakan sebaik – baiknya. Anda bahkan harus
melatih staff customer service agar pelayanan yang diberikan bisa membantu,
menjawab masalah yang di pertanyakan pelanggan serta dapat memberikan solusi
untuk setiap masalah yang diajukan pelanggan terhadap produk atau jasa yang
anda jual. Pelayanan yang baik akan memberikan kesan mendalam dihati pelanggan.
2. Buat pelanggan merasa dirinya spesial
Siapa yang tidak bahagia jika dirinya
diistimewakan oleh orang lain ? Nah anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan kesetian
pelanggan anda. Misalnya anda bisa mengingat ulang tahun mereka, memberikan
bunga pada momen spesial, mengingat nama dan hal – hal lain yang akan membuat
pelanggan anda merasa spesial. Dengan begitu pelanggan anda akan menjadi
pelanggan setia selamanya.
3. Buatlah acara khusus untuk pelanggan
Membuat acara yang eksklusif untuk para
pelanggan anda akan membuat mereka merasa dihargai dan menjadi lebih dekat
dengan anda. Hubungan yang baik antara pelanggan dengan anda akan membuat
mereka merasa nyaman dan akan menggunakan produk atau jasa anda dengan bahagia
tanpa merasa tekanan apapun.
4. Berikan penawaran menarik dan diskon
Tips terakhir untuk membangun
kesetiaan pelanggan adalah
dengan memberikan penawaran menarik dan diskon. Siapa yang tak suka dengan
diskon ? Hampir semua orang menyukai istilah dalam
pemasaran yang digunakan untuk mengartikan potongan harga ini. memberikan diskon
kepada pelanggan yang telah lama menggunakan produk atau jasa anda akan
menjadikan mereka akan selalu bertahan pada perusahaan anda. selain itu diskon
untuk pelanggan lama juga akan membuat pelanggan baru memiliki tendency untuk
bisa bertahan dan bergabung menjadi pelanggan setia demi mendapatkan diskon dan
penawaran yang menarik lain yang ditawarkan khusus untuk pelanggan lama atau
pelanggan setia.
Nah, itulah beberapa
cara untuk membangun kesetian pada pelanggan. Semoga bermanfaat ya !
0 Komentar