Cara Membangun Kesetiaan Pelanggan

19.32


Bagi setiap pelaku bisnis dalam semua bidang memiliki banyak pelanggan yang setia adalah suatu yang sangat diidam – idamkan. Bayangkan, untuk memperkenalkan produk yang anda punya saja anda harus melakukan banyak hal apalagi untuk sampai bisa memiliki banyak pelanggan yang loyal kepada anda? Sebenarnya siapa yang dimaksud dengan seorang pelanggan ? pelanggan adalah seorang pembeli atau pengguna jasa yang melakukan pembelian atau menggunakan jasa secara terus menerus dan berulang - ulang karena merasa puas dengan produk atau jasa yang di pakai. Well, sebenarnya ada beberapa alasan yang mengharuskan setiap pelaku bisnis untuk memiliki pelanggan setia. Bahkan hal semacam ini diteliti dan dibahas secara mendalam oleh pakar bisnis. Perlu ada cara – cara khusus untuk bisa mendapatkan pelanggan setia, satu – satunya yaitu dengan cara membangun kesetiaan pelanggan.

Seberapa pentingkah sebuah perusahaan harus memiliki pelanggan setia ? Berikut merupakan pentingnya seorang pelanggan terhadap keberlangsungan perusahaan :

·         Memiliki pelanggan berarti memiliki peluang atau prospek untuk mendapatkan keuntungan lebih kepada perusahaan.

·         Jika sebuah perusahaan telah memiliki pelanggan, maka perusahaan dapat menghemat biaya untuk mencari pelanggan baru.

·         Jika perusahaan anda merupakan perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang maka besar kemungkinan pelanggan yang telah puas dengan salah satu produk atau jasa anda dalam satu bidang akan puas juga dalam bidang lain yang anda tawarkan.

·         Pelanggan dapat menghemat biaya perusahaan untuk promosi, karena secara tidak langsung pelanggan yang telah setia kepada produk atau jasa yang anda tawarkan akan mempromosikan atau merekomendasikan perusahaan anda kepada orang – orang terdekat mereka.

Nah, tentunya setelah membaca pentingnya pelanggan diatas kini anda tahu seberapa penting peran pelanggan dalam memajukan bisnis anda. Selanjutnya kami akan memberikan info atau tips mengenai bagaimana cara membangun kesetiaan pelanggan. Untuk dapat membangun kesetiaan pelanggan anda perlu melakukan hal – hal berikut ini:

1.    Sediakan layanan pelanggan yang baik

Layanan pelanggan atau biasanya disebut dengan customer service harus anda sediakan sebaik – baiknya. Anda bahkan harus melatih staff customer service agar pelayanan yang diberikan bisa membantu, menjawab masalah yang di pertanyakan pelanggan serta dapat memberikan solusi untuk setiap masalah yang diajukan pelanggan terhadap produk atau jasa yang anda jual. Pelayanan yang baik akan memberikan kesan mendalam dihati pelanggan.

2.    Buat pelanggan merasa dirinya spesial

Siapa yang tidak bahagia jika dirinya diistimewakan oleh orang lain ? Nah anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan kesetian pelanggan anda. Misalnya anda bisa mengingat ulang tahun mereka, memberikan bunga pada momen spesial, mengingat nama dan hal – hal lain yang akan membuat pelanggan anda merasa spesial. Dengan begitu pelanggan anda akan menjadi pelanggan setia selamanya.

3.    Buatlah acara khusus untuk pelanggan

Membuat acara yang eksklusif untuk para pelanggan anda akan membuat mereka merasa dihargai dan menjadi lebih dekat dengan anda. Hubungan yang baik antara pelanggan dengan anda akan membuat mereka merasa nyaman dan akan menggunakan produk atau jasa anda dengan bahagia tanpa merasa tekanan apapun.

4.    Berikan penawaran menarik dan diskon

Tips terakhir untuk membangun kesetiaan pelanggan adalah dengan memberikan penawaran menarik dan diskon. Siapa yang tak suka dengan diskon ? Hampir semua orang menyukai istilah dalam pemasaran yang digunakan untuk mengartikan potongan harga ini. memberikan diskon kepada pelanggan yang telah lama menggunakan produk atau jasa anda akan menjadikan mereka akan selalu bertahan pada perusahaan anda. selain itu diskon untuk pelanggan lama juga akan membuat pelanggan baru memiliki tendency untuk bisa bertahan dan bergabung menjadi pelanggan setia demi mendapatkan diskon dan penawaran yang menarik lain yang ditawarkan khusus untuk pelanggan lama atau pelanggan setia.

Nah, itulah beberapa cara untuk membangun kesetian pada pelanggan. Semoga bermanfaat ya !


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar


Arsip Blog