Saat ini dunia bisnis
semakin beragam dan banyak pelaku bisnis di dalamnya. Hal inilah yang membuat
surat bisnis menjadi salah satu surat yang bersifat multifungsi. Cara menulis surat bisnis harus
sesuai dengan format sehingga bisa diterima dengan baik oleh calon mitra bisnis
Anda nantinya. Karena surat bisnis menunjukkan seberapa profesional Anda dalam
menunjukkan etika berbisnis, dan dapat dinilai hanya dengan melihat surat
bisnis yang Anda buat.
Tips Membuat Surat Bisnis yang
Benar dan Tepat
Perlu Anda ingat
dalam surat bisnis penulisan tanggal adalah hal yang wajib dan kelengkapan
informasi dari pihak pengirim dan penerima. Anda juga perlu memperhatikan
detail isi paragraf pada surat bisnis Anda. Jika Anda ingin berhasil dalam
menuliskan surat bisnis maka Anda bisa mengikuti formatnya seperti ini:
·
Dalam aturan format cara menulis surat bisnis Anda
perlu menggunakan font Arial maupun Times New Roman. Gunakan margin ukuran 2,54
pada setiap bagian sisi dan font penulisan Anda tidak boleh diwarna lain selain
hitam dan putih saat Anda mengirim surat bisnis melalui surel bisnis,
·
Surat yang Anda cetak ukuran A4 pada umumnya.
Penggunan folio atau F4 bisa digunakan namun hanya untuk beberapa surat
kontrak. Saat Anda mengirimnya via pos maka upayakan dengan menyantumkan kertas
kop perusahaan yang berisi logo perusahan yang mencamtumkan informasi mengenai
perusahaan seperti kontak perusahaan. Kontak perusahaan akan menunjukkan bahwa
Anda memang profesional. Karena tanpa mencantumkan kontak perusahan, hal
tersebut akan membuat pihak perusahaan yang terkait tidak tahu dari manakah
surat bisnis tersebut berasal. Dan besar kemungkinan, surat bisnis yang Anda
kirimkan tidak akan dibaca oleh perusahaan yang dituju.
·
Selalu mencantumkan informasi mengenai
perusahaan dari nama perusahaan dan alamat, jika sudah ada kop perusahaan Anda
tidak perlu mengetik ulang kecuali ada permintaan. Tuliskan nama negara dengan
huruf kapital jika dikirim ke luar negeri. Ini adalah salah satu cara untuk menulis surat bisnis yang benar. Dan hal tersebut
harus benar – benar Anda perhatikan, karena bila sampai Anda tidak menuliskan
detail informasi dari perusahaan di tempat yang Anda tuju, hal tersebut akan
membuat surat bisnis yang Anda buat tidak akan sampai ke tempat tujuan.
·
Anda harus mancantumkan tanggal dan
menuliskan surat kepada penerima dengan menulis nama yang dituju. Upayakan
menulis pada intinya karena akan nampak profesional. Dan dalam penggunaan
bahasa gunakan kata ganti pribadi. Selain itu, gunakan pula bahasa yang formal.
·
Isi surat harus padat dan jelas sehingga
respon dari pihak yang menerima surat bisnis Anda juga bisa menanggapinya
dengan cepat. Selalu gunakan kalimat aktif dalam penyampaian surat bisnis.
Upayakan menggunakan bahasa percakapan yang sesuai. Sebagai pengirim surat
bisnis Anda harus menjaga etika dan sopan
santun. Kemudian gunakan kertas kop kedua jika ingin
menambah halaman. Dan Anda bisa mengakhiri surat Anda dengan memberikan
kesimpulan poin dari maksud dan tujuan surat bisnis tersebut dibuat.
Dari sinilah Anda
bisa mulai mengetahui cara
menulis surat bisnis yang baik dan benar, tanpa kesalahan dan surat
bisnis Anda akan mudah dipahami sehingga respon yang diberikan juga termasuk
cepat. Karena surat bisnis merupakan surat yang penting Anda juga tidak bisa
main main dalam penulisannya. Perlu Anda perhatikan setiap
langkah dan penulisan agar surat bisnis Anda diterima dengan baik dan bisa
diberikan tanggapan secepatnya.
0 Komentar