Panduan Menulis Surat Bisnis yang Benar dan Tepat

20.41


Saat ini dunia bisnis semakin beragam dan banyak pelaku bisnis di dalamnya. Hal inilah yang membuat surat bisnis menjadi salah satu surat yang bersifat multifungsi. Cara menulis surat bisnis harus sesuai dengan format sehingga bisa diterima dengan baik oleh calon mitra bisnis Anda nantinya. Karena surat bisnis menunjukkan seberapa profesional Anda dalam menunjukkan etika berbisnis, dan dapat dinilai hanya dengan melihat surat bisnis yang Anda buat.

Tips Membuat Surat Bisnis yang Benar dan Tepat

Perlu Anda ingat dalam surat bisnis penulisan tanggal adalah hal yang wajib dan kelengkapan informasi dari pihak pengirim dan penerima. Anda juga perlu memperhatikan detail isi paragraf pada surat bisnis Anda. Jika Anda ingin berhasil dalam menuliskan surat bisnis maka Anda bisa mengikuti formatnya seperti ini:

·         Dalam aturan format cara menulis surat bisnis Anda perlu menggunakan font Arial maupun Times New Roman. Gunakan margin ukuran 2,54 pada setiap bagian sisi dan font penulisan Anda tidak boleh diwarna lain selain hitam dan putih saat Anda mengirim surat bisnis melalui surel bisnis,

·         Surat yang Anda cetak ukuran A4 pada umumnya. Penggunan folio atau F4 bisa digunakan namun hanya untuk beberapa surat kontrak. Saat Anda mengirimnya via pos maka upayakan dengan menyantumkan kertas kop perusahaan yang berisi logo perusahan yang mencamtumkan informasi mengenai perusahaan seperti kontak perusahaan. Kontak perusahaan akan menunjukkan bahwa Anda memang profesional. Karena tanpa mencantumkan kontak perusahan, hal tersebut akan membuat pihak perusahaan yang terkait tidak tahu dari manakah surat bisnis tersebut berasal. Dan besar kemungkinan, surat bisnis yang Anda kirimkan tidak akan dibaca oleh perusahaan yang dituju.

·         Selalu mencantumkan informasi mengenai perusahaan dari nama perusahaan dan alamat, jika sudah ada kop perusahaan Anda tidak perlu mengetik ulang kecuali ada permintaan. Tuliskan nama negara dengan huruf kapital jika dikirim ke luar negeri. Ini adalah salah satu cara untuk menulis surat bisnis yang benar. Dan hal tersebut harus benar – benar Anda perhatikan, karena bila sampai Anda tidak menuliskan detail informasi dari perusahaan di tempat yang Anda tuju, hal tersebut akan membuat surat bisnis yang Anda buat tidak akan sampai ke tempat tujuan.

·         Anda harus mancantumkan tanggal dan menuliskan surat kepada penerima dengan menulis nama yang dituju. Upayakan menulis pada intinya karena akan nampak profesional. Dan dalam penggunaan bahasa gunakan kata ganti pribadi. Selain itu, gunakan pula bahasa yang formal.

·         Isi surat harus padat dan jelas sehingga respon dari pihak yang menerima surat bisnis Anda juga bisa menanggapinya dengan cepat. Selalu gunakan kalimat aktif dalam penyampaian surat bisnis. Upayakan menggunakan bahasa percakapan yang sesuai. Sebagai pengirim surat bisnis Anda harus menjaga etika dan sopan santun. Kemudian gunakan kertas kop kedua jika ingin menambah halaman. Dan Anda bisa mengakhiri surat Anda dengan memberikan kesimpulan poin dari maksud dan tujuan surat bisnis tersebut dibuat.

Dari sinilah Anda bisa mulai mengetahui cara menulis surat bisnis yang baik dan benar, tanpa kesalahan dan surat bisnis Anda akan mudah dipahami sehingga respon yang diberikan juga termasuk cepat. Karena surat bisnis merupakan surat yang penting Anda juga tidak bisa main main dalam penulisannya. Perlu Anda perhatikan setiap langkah dan penulisan agar surat bisnis Anda diterima dengan baik dan bisa diberikan tanggapan secepatnya.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar


Arsip Blog