Padatnya
penduduk kota adalah sebuah peluang besar bagi para pebisnis di bidang kuliner.
Ditambah dengan menjamurnya kampus di perkotaan, membuat kota sangat
berkebutuhan terhadap sumber makanan. Peluang ini tentunya tidak bisa
ditinggalkan begitu saja. Bagi yang sudah terbiasa dengan dunia bisnis,
tentunya mudah untuk mencapai sukses bisnis warung
makan. Mulai dari warung kecil-kecilan seperti angkringan, hingga rumah
makan elit seperti restaurant, semuanya dapat dijadikan sumber
penghasilan yang patut diandalkan, asalkan dikelola dengan baik dan benar.
Berbisnis warung
memang memiliki banyak kelebihan dibanding dengan bisnis yang lainnya. Banyak
para pebisnis yang sukses bisnis warung makan
di daerahnya karena beberapa hal, diantaranya:
-
Bisnis
warung makan memiliki cash flow harian, sehingga lebih mudah dan lebih
cepat dalam menghitung keuntungannya
-
Bisnis
warung makan sebenarnya dapat dijalankan di manapun, termasuk di tempat yang
seadanya sekalipun. Seperti para pebisnis warung makan angkringan, mereka tidak
memiliki lahan yang khusus, hanya memanfaatkan area pinggir jalan. Meskipun
sebenarnya itu kurang baik, tetapi itu bisa menjadi bukti bahwa ketiadaan lahan
bukan menjadi kendala.
-
Bisnis
warung makan dapat menjadi sarana untuk menyalurkan hobi. Sebenarnya bukan
hanya bisnis warung makan saja, bisnis yang lain pun juga merupakan sarana
penyalur hobi.
-
Makanan
merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang harus terpenuhi, sehingga bisa
menjadi peluang yang tidak aka n ada habisnya, selama kita sebagai pebisnis
jeli dalam melihat peluang.
Tips agar sukses bisnis warung makan di daerah perkotaan
sebenarnya tidaklah rumit, hanya butuh kejelian saja. Inti dalam berbisnis
kuliner adalah dibagian marketing atau pemasaran. Semakin kita mahir dalam
memasarkan produk/ makanan, maka akan semakin laris warung kita. Bagaimana
caranya agar pemasaran kita mencapai hasil yang maksimal, berikut ini ada
beberapa trik pemasaran yang cukup jitu untuk bisnis warung makan:
1. Maksimalkan
relasi kita untuk sarana promosi, yakni metode pemasaran tradisional. Meskipun
terkesan kuno, tetapi justru strategi ini adalah strategi utama yang harus
ditempuh. Berbisnis warung makan sangat berkaitan dengan rasa, maka tidak ada
sarana yang dapat menggantikan lidah sebagai alat perasa. Semakin banyak kita
memiliki relasi atau komunitas, semakin mudah kita melakukan pemasaran warung
makan. Biasanya komunitas menjadi sasaran utama para pebisnis warung makan.
2. Optimalkan
fungsi jejaring sosial untuk mempublikasikan warung makan kita. Baik melalui
facebook, twitter, instragram, dll. Buatlah sebuah tulisan yang disertai
gambar-gambar yang menarik. Dengan gambar yang menarik orang akan penasaran dan
pada akhirnya mencoba
3. Bila perlu
menyertakan “DISKON” dalam program
promo, itu bisa dilakukan untuk menarik perhatian, agar orang-orang semakin
tertarik.
4. Berikan sambutan
yang unik agar setiap orang yang baru pertama kali datang merasa tertarik dan
terkesan, sehingga puas dengan pelayanan yang diberikan. Apalagi ditambah
dengan sajian makanan yang jelas lezat, tentu mereka akan dengan tulus menjadi
pelanggan setia. Seperti kata iklan “kesan pertama begitu menggoda,
selanjutnya terserah anda”,
begitulah kira-kira.
5. Gunakan email
& mobile marketing untuk meng-update setiap perkembangan menu atau paket
menu sajian yang terbaru, sehingga pelanggan merasa memiliki ikatan yang kuat
dengan warung makan. Tidak menutup kemungkinan, pricelist yang kita
kirimkan melalui email menjadi bahan pelanggan untuk menarik rekannya agar
makan bersama di warung kita. Apabila kita menyediakan program freelance
marketing, itu bisa menjadi peluang besar bagi pelanggan untuk memperoleh
penghasilan tambahan.
Demikianlah
beberapa tips sukses bisnis warung makan di
perkotaan. Selamat mencoba, karena semua bisnis tidak akan bisa mencapai sukses
apabila tidak dicoba terlebih dahulu.
0 Komentar